belajar komputer

Cara Back UP Data Hardisk Yang Rusak Total

LINTAS CATATAN - Ancaman yang paling berbahaya terhadap data PC Anda bukanlah hard drive mati, virus brengsek, atau sambaran petir nyasar. Hal ini merupakan keadaan alami. Satu-satunya cara pasti untuk melindungi file-file Anda adalah membackupnya. Melaksanakan backup berarti Anda membutuhkan waktu dan uang, dua hal yang kebanyakan orang tidak suka membuangnya. Berikut adalah beberapa saran yang dapat mempermudah tugas Anda membackup sambil menghemat biaya.

Bila Anda memiliki relatif sedikit data file untuk dibackup, memilih media penyimpanan yang tepat merupakan hal yang mudah. Bila ukuran file Anda dalam kilobyte, file tersebut cocok dibackup menggunakan floppy disk. Bila Anda memiliki data berukuran megabyte, Anda akan membutuhkan ruang penyimpanan seperti drive Zip atau CD-RW. Dan untuk menangani data berukuran gigabyte pilihlah drive Iomega Jaz atau peranti yang sesuai. Tentu saja makin banyak data yang Anda backup, makin besar biaya dan waktu yang dibutuhkan.

Tetapi, membackup seluruh harddisk Anda -- sistem operasi, aplikasi, dan sebagainya -- mempunyai beberapa keuntungan besar. Dengan semua file tersimpan, Anda dapat dengan mudah menggantikan harddisk mati dan dengan segera memperbaiki Windows serta seluruh aplikasi dan data Anda tanpa instalasi ulang yang membosankan. Dalam beberapa hal, menimpa Windows bermasalah yang sudah terinstall dengan salinan yang lebih baru dan bersih mampu menghemat waktu Anda untuk melacak ketidakkompatibelan software atau kerusakan file program.

Sayangnya, membackup keseluruhan drive memerlukan ruang penyimpanan yang besar. Menggunakan drive Zip 100MB untuk backup gigabytes data merupakan hal yang sukar. Dan drive dengan kapasitas yang lebih besar seperti CD-RW drive atau Jaz, meskipun lebih cepat, menghabiskan biaya lebih dari US$ 200. untuk info mengenai cara backup hardis silahkan download ebook cara memperbaiki kerusakan pada hardisk komputer :




Agar biayanya lebih ringan, pertimbangkan membeli hard drive kedua. Drive 8GB berharga antara US$ 100 dan US$ 200. Dan harddisk sudah semakin mudah diinstall. Saat ini hampir setiap program CMOS mempunyai feature deteksi otomatis (autodetect) hard disk. Dan tidak seperti beberapa drive penyimpanan yang bisa dipindah-pindah, hard drive EIDE mempunyai sedikit masalah kompatibilitas dengan Windows atau persoalan driver. Dibanding dengan sebagian besar peranti penyimpanan yang bisa dipindahkan (removeable), hard drive EIDE sangat cepat, membuatnya ideal untuk membackup atau mengembalikan data.

Ada satu pegangan: Karena hard drive tidak bisa dipindah-pindahkan, Anda tidak bisa menyimpan backup Anda di tempat terpisah (off-site). Dan andaikata terjadi kebakaran atau bencana lain, Anda sebaiknya menyimpan sebuah backup setiap data penting di lokasi yang berbeda.


Menggandakan Data

Hard drive kedua memungkinkan Anda menyimpan salinan yang sama persis dari hard drive Anda tanpa susah payah, utamanya bila sistem Anda memiliki controller harddisk yang baik. Controller harddisk FastTrak ATA Raid Controller berbasis PCI seharga US$ 99 dari Promise Technology secara otomatis akan mereplikasikan setiap perubahan yang Anda buat pada hard drive asli ke drive backup Anda, sehingga mempertahankan duplikat yang sama persis setiap saat.

Setelah FastTrak diinstall, backup berlangsung otomatis. Anda tidak perlu ikut campur tangan. Tetapi mengupdate data secara instan dapat merugikan Anda pula. Setiap perubahan data atau kelalaian --seperti tanpa sengaja menghapus atau menimpa file penting--akan segera ditransfer ke drive backup.

Satu alternatif selain mengandalkan FastTrak adalah menggunakan hard drive kedua yang diinstall secara konvensional untuk membackup primary drive Anda. Hal ini kadang-kadang membutuhkan backup data manual, tetapi bila dijalankan dengan tepat, rencana ini menawarkan fleksibilitas yang lebih besar pada problem pemulihan data dan perbaikan masalah software yang muncul sesekali.

Windows 98 dilengkapi utiliti backup yang bermanfaat yang disebut Backup; Anda dapat menemukannya di Start*Programs*Accessories*System Tools*Backup. Backup mampu memindahkan seluruh primary drive Anda atau bagian-bagian tertentu ke drive kedua Anda. Dan Anda bisa menyusun backup berikutnya untuk menyalin file-file baru atau yang diubah saja--suatu penghematan waktu yang sangat besar bila Anda ingin membackup seluruh hard drive, Windows dan lainnya.

Salinan adalah Segalanya


Backup Windows sangat baik untuk membackup file-file data, tetapi setelah harddisk hancur (crash), Anda tidak bisa lagi mendapatkan salinan versi Windows Anda muncul dan beroperasi. Hal itu terjadi karena Backup mungkin tidak memiliki salinan hidden file atau file sistem yang dibutuhkan Windows untuk bekerja, dan setting di file MSDOS.SYS Anda mungkin perlu diganti. Demikian pula file yang rusak mungkin masuk ke dalam backup Windows Anda jauh sebelum Anda melihat akibatnya--yang bisa bervariasi dari tingkah laku mouse yang aneh sampai crash sistem.

Tak satu pun hal di atas menjadi suatu masalah bila Anda membuat image harddisk Anda yang sama persis. Anda dapat melakukannya dengan sebuah program image seperti Drive Image 2 seharga US$ 50 dari PowerQuest. Utiliti yang sangat berguna ini mampu menyalin dan mengkompresi seluruh drive Anda--file-file sistem, file-file tersembunyi, file allocation table dari disk Anda, dan sebagainya--menjadi file tunggal yang dapat disimpan di harddisk kedua Anda dan direstore bila perlu.

Saran kami adalah milikilah PartitionMagic dari PowerQuest dan buatlah tiga partisi di harddisk Anda. Lalu install Windows di partisi C:, aplikasi Anda di D:, dan data Anda di E:. Sekarang Anda bisa membuat image dari setiap partisi. Kemudian, ketika Windows mulai bertingkah aneh dan Anda tidak bisa mengisolasi masalahnya, Anda bisa merestore partisi Windows asli Anda. Hanya perlu diingat untuk mengupdate image setelah Anda menambahkan hardware atau software baru dan menegaskan bahwa sistem Anda berfungsi dengan benar.
Demikianlah artikel cara backup hardisk dengan mudah,saya sarankan segera download ebook cara memperbaiki hardisk rusak total.


Download Buku Belajar Ilmu Komputer

  • Panduan Memperbaiki Motherboard !!
  • Panduan Memperbaiki Laptop !!
  • Panduan Memperbaiki Komputer !!
  • Panduan Jaringan Komputer !!
  • Panduan Memperbaiki Monitor LCD !!
  • Panduan Memperbaiki Hardisk !!
  • Panduan Memperbaiki Power Supply !!
  • Panduan Mastering Windows 7 !!
  • Panduan Memperbaiki Semua Jenis Printer !!
  • Panduan Mastering BIOS !!
  • Panduan Power Point 2007 !!
  • Panduan Troubleshooting dan Solusi Perbaikan Hardware Laptop !!

  • 0 comments:

    Post a Comment