belajar komputer

Image and video hosting by TinyPic

Jenis-jenis Jaringan/Lan Komputer Terlengkap

Jenis-jenis Jaringan Komputer terdiri dari komputer dan perangkat jaringan lainnya yang saling berhubungan bersama-sama dengan kabel atau terhubung secara nirkabel (wireless) untuk membentuk sebuah jaringan komputer. jaringan komputer adalah interkoneksi dari dua atau lebih komputer untuk berbagi data dan peripheral. ada 3 utama jenis jaringan komputer yang umum adalah:



  1. Jaringan area lokal (LAN)
  2. Metropolitan Area Network (MAN)
  3. Wide Area Network (WAN)

Jaringan area lokal (LAN)

Local Area Network adalah jenis jaringan yang terdiri dari sekelompok komputer dan sistem lain terletak cukup dekat satu sama lain dalam suatu kawasan tertentu, sehingga pengguna berkomunikasi dan berbagi sumber daya. misalnya dalam sebuah perguruan tinggi, Cyber ​​Cafe 'atau kantor. Sebuah LAN menghubungkan komputer dan perangkat jaringan melalui jarak yang relatif pendek.
Sebuah Local Area Network menggunakan TCP / IP protokol jaringan untuk komunikasi antara komputer dan periferal yang terhubung lainnya. LAN merupakan dasar dari semua jenis jaringan. Jadi, jika Anda menghubungkan dua atau lebih komputer di kantor, hasil akhirnya akan menjadi Local Area Network.
Keuntungan dari LAN
  1. Mudah dalam penanganan masalah -karena LAN tidak mencakup area yang luas dan tidak rumit.
  2. Murah dalam pemasangan dan pengawasan
  3. Lebih aman
  4. Kurang rentan terhadap redaman - redaman adalah hilangnya secara bertahap kekuatan sinyal.karena komputer yang terletak dalam wilayah geografis yang kecil, sinyal kurang rentan terhadap pelemahan.
  5. Tingkat kesalahan rendah

Metropolitan Area Network (MAN)

Ini adalah jaringan yang meliputi seluruh kota . Jenis jaringan biasanya membuat penggunaan infrastruktur nirkabel atau koneksi serat optik. Hal ini dapat dibuat dengan menghubungkan beberapa LAN bersama-sama. Sebagai contoh pemerintah daerah, perguruan tinggi dengan jumlah cabang juga bisa dihubungkan LAN mereka dan datang dengan Metropolitan Area Network.
Keuntungan
  1. Hal ini meningkatkan komunikasi lebih mudah
  2. Menawarkan sebuah bagian data lebih cepat.

Kekurangan
  1. mahal untuk menginstal dan pemliharaan.
  2. Rentan terhadap penyadapan.
  3. Rentan terhadap redaman (Atenuasi adalah hilangnya bertahap kekuatan sinyal sebagai data mengalir jauh dari titik asal).
  4. memiliki tingkat kesalahan yang tinggi.

Wide Area Network (WAN)

Ini adalah jenis desain jaringan yang menghubungkan komputer di seluruh wilayah geografis besar sebuah kota , daerah dan bahkan melampaui batas-batas negara meliputi . Ini terdiri dari beberapa bagian dari LAN dan MAN yang terhubung bersama-sama oleh perangkat seperti router.
Sebuah WAN mentransmisikan informasi dengan saluran telepon, ISDN (Integrated Digital Layanan jaringan) baris, gelombang radio, atau Microwave satelit. Internet adalah contoh terbaik dari yang terbesar Wide area network karena mencakup seluruh dunia.

Kesimpulan Jenis-jenis Jaringan Komputer

Jadi saat Anda menghubungkan dua atau lebih komputer yang terletak cukup dekat satu sama lain, Anda akan membuat sebuah LAN. Bahkan ketika Anda membuat MAN atau WAN, Anda harus mulai dengan Local Area Network.


Download Buku Belajar Ilmu Komputer

  • Panduan Memperbaiki Motherboard !!
  • Panduan Memperbaiki Laptop !!
  • Panduan Memperbaiki Komputer !!
  • Panduan Jaringan Komputer !!
  • Panduan Memperbaiki Monitor LCD !!
  • Panduan Memperbaiki Hardisk !!
  • Panduan Memperbaiki Power Supply !!
  • Panduan Mastering Windows 7 !!
  • Panduan Memperbaiki Semua Jenis Printer !!
  • Panduan Mastering BIOS !!
  • Panduan Power Point 2007 !!
  • Panduan Troubleshooting dan Solusi Perbaikan Hardware Laptop !!

  • 0 comments:

    Post a Comment