belajar komputer

Peran Perempuan Dalam Dunia Blogging

Pada umumnya, blog adalah singkatan dari web log yang merupakan suatu bentuk aolikasi web yang menyerupai tulisan – tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web umum. Blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLabs sebeblum akhirnya diakusisi oleh google.com pada tahun 2002. Dan hingga saat ini sudah banyak aplikasi lainnya dengan tujuan sama yang dapat digunakan oleh semua pengguna internet.


Blog digunakan untuk tujuan yang sangat beragam. Mulai hanya sebagai catatan harian seseorang, media publikasi, tempat sharing berbagai jenis hal hingga untuk kampanye politik dan wadah promo bagi instansi atau kalangan tertentu. Digunakann untuk tujuan berbeda, blog juga tentu dimiliki dan dikembangkan oleh kalangan yang berbeda pula. Salah satu kalangan yang saat ini banyak memanfaatkan blog sebagai medium mengeskpresikan diri adalah kaum perempuan.

Dengan blog, para perempuan ini bisa berbagi tentang pengalaman hingga minat mereka, masalah yang mereka hadapi, dan belakangan, juga dimanfaatkan sebagai wadah untuk berbisnis dan mengembangkan usaha yang mereka rintis, walau pada umumnya semua dimulai dari keinginan untuk saling berbagi pengalaman.

Para perempuan yang memanfaatkan blog juga berasal dari berbagai kalangan berbeda. Mulai dari ibu rumah tangga, guru, pengacara, karyawan kantoran, dokter, fashion stylist, hingga mahasiswa dan pelajar serta berbagai macam profesi lainnya. Dengan blog para perempuan dari kalangan berbeda ini bertukar pikiran dan berbagi pengalaman serta saling bercerita satu sama lain. Dengan blog mereka bebas mengekspresikan apa yang ada dipikiran mereka dengan berbagai cara.

Para ibu rumah tangga, biasanya memanfaatkan blog untuk bercerita tentang keseharian mereka dan berbagi tentang seluk – beluk menjadi seorang ibu dan istri yang bisa dijadikan referensi oleh para ibu lain. Mulai dari berbagi tentang bagaimana cara merawat anak yang benar, resep makanan, cara membuat perlengkapan rumah sederhana, hingga tips dan trik rumah tangga lainnya, dari yang sepele hingga yang rumit. Dari cara membersihkan noda pakaian hingga tips pertolongan pertama pada anak yang sakit.

Bagitu juga dengan para perempuan dengan berbagai profesi berbeda. Para dokter, membuat berbagai ulasan tentang penyakit dan pengalaman mereka menghadapinya, pada ahli hukum berbagi tentang berbagai macam hal supaya para perempuan lainnya mengerti dan melek hukum. Para guru, mengajarkan kepada para orang tua bagaimana cara metode belajar yang efektif bagi buah hati mereka. Semua hal yang mereka posting ke dalam blog, bisa menjadi referensi dan acuan bagi orang lain dan membawa manfaat besar.

Disamping itu, banyak perempuan yang menggunakan blog sebagai wadah untuk menyalurkan hobi dan bakat mereka yang tidak bisa mereka ekspresikan dalam kehidupan ‘nyata’ mereka. Hal ini juga adalah salah satu cara pemanfaatan blog yang paling banyak dimanfaatkan oleh para perempuan blogger ini. Tentu saja juga ada berbagai jenis dan macam hobi serta bakat yang dapat mereka ekspresikan dalam blog yang mereka kembangkan tanpa terikat pada profesi mereka.

Belakangan salah satu blog yang cukup populer adalah fashion blooger, di mana para pemilik blog tersebut menyalurkan dan mengekspreksikan kegemaran mereka terhadap dunia fashion. Walau pria juga terlibat dalam bidang ini, namun kebanyakan peminatnya adalah perempuan yang dengan leluasa bisa mengekspresikan passion mereka terhadap fashion. Dan tidak jarang, ulasan dan mix and match mereka terkait fashion menjadi referensi bahkan trendsetter di kalangan tertentu.

Bicara tentang hobi, maka akan ada banyak hobi yang tersalurkan melalui blog. Tidak jarang para perempuan yang suka menulis, baik cerpen atau puisi yang memilih untuk mem-publish karya mereka di blog. Terlepas dari keuntungan yang mereka dapatkan, mereka sudah merasa sangat puas, karena ada medium yang bisa menampung ekspresi mereka, apalagi apabila sampai karya mereka tersebut mendapatkan respon yang sangat baik dari para pengguna internet lainnya. Kepuasaan atas kebebasan berekspresi tidak bisa diukur dengan materi. Apalagi bila karya mereka direspon baik dan dihargai oleh orang lain.

Namun, juga banyak blogger perempuan, yang tidak hanya memanfaatkan blog sebagai wadah untuk berekspresi, namun juga dengan cerdas memanfaatkan blog sebagai sarana berbagi hobi sekaligus menambah penghasilan dengan memanfaatkan blog sebagai media promosi. Dan tidak sedikit di antara para perempuan ini yang berhasil menjalankan usaha dengan basis hobi dan blog ini.

Berawal dari sekedar berbagi kegemaran dan hobi unik dengan sesama pengguna internet, banyak yang menemukan peluang usaha yang menjanjikan dan memanfaatkannya untuk menghasilkan uang. Mungkin anda juga mengetahui beberapa blog dengan jenis ini. Biasanya blog semacam ini memasarkan berbagai macam kerajinan dan pernak – pernik wanita hingga rumah tangga. Namun kembali pada bahasan sebelumnya, bukan uang yang menjadi tolak ukur dari hal ini. Melainkan kepuasan karena mereka bebas dan diberikan wadah untuk berekspresi tanpa dibatasi oleh ruang dan mereka sudah merasa cukup bangga dengan apresiasi yang diberikan oleh pengguna internet lainnya, atas apa yang mereka posting dan publish.

Memanfaatkan waktu luang untuk menyalurkan hobi dan berbagi memberikan nilai tersendiri bagi kehidupan bagi para blogger perempuan ini. Perasaan diakui dan mendapat tempat di hati para pengguna internet menjadi salah satu alasan kenapa mereka bersedia meluangkan waktu sibuk mereka untuk mengepost berbagai hal menarik melalui blog mereka untuk dibagi dengan para pengguna internet lainnya.

Namun, walau blog adalah media dengan segudang manfaat positif yang menampung wadah untuk berekspresi para penggunanya, blog juga membawa beberapa dampak negatif karena peluang bagi penggunanya untuk berekspresi tanpa batas.

Hal ini menjadi tantangan bagi negara sebagai penentu regulasi kebebasan berekspresi dengan menggunakan media internet. Negara sedemikian rupa harus berupaya untuk memastikan bahwa regulasi yang telah ditetapkan untuk menjaga hak – hak dan batasan – batasan pengguna blog diikuti dan dipatuhi sehingga kebebasan berekspresi menjadi terkontrol, walau tidak mengikat dan membatasi ekspresi seseorang.

Dan terlepas dari peran pemerintah sebagai regulator yang menetapkan aturan – aturan standar dalam kebebasan berekspresi, para pengguna blog sendiri juga perlu untuk membatasi diri mereka sendiri-tanpa menghalangi kebebasan mereka mengekspresikan diri-supaya tidak terjadi hal – hal negatif selama mereka memanfaatkan blog sebagai wadah penampung aspirasi dan ekspresi.

Bebas, bukan berarti bablas. Seharusnya kita memang dapat memilah – milah mana yang layak untuk disampaikan dan diungkapkan dengan sesuatu yang tidak pantas untuk diutarakan pada khalayak. Walau saat ini, para blogger perempuan di Indonesia dinilai cukup cerdas untuk mampu memaksimalkan manfaat dan fasilitas yang disediakan oleh blog tanpa mengekang kebebasan mereka dalam berekspresi dan menyampaikan pemikiran serta isi hati mereka dalam berbagai cara yang unik dan kreatif.


Download Buku Belajar Ilmu Komputer

  • Panduan Memperbaiki Motherboard !!
  • Panduan Memperbaiki Laptop !!
  • Panduan Memperbaiki Komputer !!
  • Panduan Jaringan Komputer !!
  • Panduan Memperbaiki Monitor LCD !!
  • Panduan Memperbaiki Hardisk !!
  • Panduan Memperbaiki Power Supply !!
  • Panduan Mastering Windows 7 !!
  • Panduan Memperbaiki Semua Jenis Printer !!
  • Panduan Mastering BIOS !!
  • Panduan Power Point 2007 !!
  • Panduan Troubleshooting dan Solusi Perbaikan Hardware Laptop !!

  • 0 comments:

    Post a Comment